PERANCANGAN VIDEO GAME BOROBUDUR MELALUI NARASI VISUAL
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v3i2.149Kata Kunci:
Video Game, Borobudur, Narasi Visual, UI & UX DesignAbstrak
Perancangan Video game Borobudur berawal dari permasalahan yang pencipta temui berkaitan dengan kurangnya pemahan sejarah pada remaja berkaitan dengan situs-situs cagar budaya. Penciptaan ini, bertujuan untuk memberikan pengalaman interaktif yang edukatif kepada remaja usia 17-22 tahun terkait dengan sejarah Candi Borobudur. Dalam perancangan video game pencipta menggunakan metode berkarya berupa observasi dan wawancara kepada para remaja rentan usia 17-22 tahun. Kemudian teori yang digunakan dalam berkarya menggunakan pendekatan UI & UX Design. Pembahasan dalam penciptaan ini, berkaitan dengan bentuk visual dalam Video Game dengan merujuk pada narasi visual yang dibuat. Harapan pencipta dalam game ini ialah agar pesan edukatif khususnya yang berkaitan dengan pelestarian cagar budaya, bisa menjadi salah satu konsep ketika merancang game.