RETORIKA VISUAL IKLAN SOSIAL MEDIA KOLABORASI VINDES DAN RANS ENTERTAINMENT DALAM ACARA TIBA-TIBA TENIS

Penulis

  • Shelyn Widyanira Institut Teknologi Bandung
  • Alvanov Zpalanzani Mansoor Institut Teknologi Bandung
  • Firmanda Satria Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v2i2.95

Kata Kunci:

Tiba-Tiba Tenis, analisis isi, retorika visual, kolaborasi, acara hiburan

Abstrak

Strategi pemasaran merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan bagi perusahaan dan media untuk mengenalkan sebuah acara kepada target konsumen. Kolaborasi merupakan salah satu strategi pemasaran yang telah banyak dilakukan dari acara hiburan, melalui satu pihak perusahaan atau perseorangan kepada pihak lainnya, sehingga kolaborasi dalam strategi pemasaran mampu menghasilkan kreativitas dan sinergi yang terintegrasi. Iklan dalam rangkaian kampanye Tiba-Tiba Tenis yang dibuat VINDES dengan mengikutsertakan RANS Entertainment yang ada pada sosial media merupakan contoh dari kolaborasi pada periklanan atau strategi pemasaran. Tiba-Tiba Tenis merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh VINDES pada tahun 2022 sebagai rangkaian dari segmen VINDES Sport, Strategi pemasaran Tiba-Tiba Tenis oleh VINDES yang berkolaborasi dengan RANS Entertainment ini merupakan salah satu implementasi Komunikasi Visual Periklanan, terutama dalam menyampaikan pesan persuasif dalam bentuk kampanye pemasaran melalui media visual dan pemangku kepentingan. Penelitian ini merupakan penelitian metode analisis konten dan teori retorika visual Sonja K Foss dan Hesford dan Brueggemann yang digunakan untuk menganalisis fotografi dan videografi dari kampanye menggunakan teknik observasi dengan studi literatur. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa konten yang disajikan tidak hanya berfungsi sebagai promosi acara sekaligus media edukasi tentang olahraga tenis bagi penggemar VINDES dan RANS Entertainment, melalui konten-konten ditemukan retorika visual dalam konten tidak hanya terbatas pada elemen desain atau gambar, tetapi juga mencakup unsur-unsur budaya dan makna yang terkandung dalam karya visual tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-14

Cara Mengutip

Widyanira, S., Zpalanzani Mansoor, A., & Satria, F. (2023). RETORIKA VISUAL IKLAN SOSIAL MEDIA KOLABORASI VINDES DAN RANS ENTERTAINMENT DALAM ACARA TIBA-TIBA TENIS. Kartala Visual Studies, 2(2), 48–62. https://doi.org/10.36080/kvs.v2i2.95

Terbitan

Bagian

Articles