PERANCANGAN ANIMASI PENDEK SEBAGAI SARAN KAMPANYE STOP BUANG ANJING DI DENPASAR

Penulis

  • I Made Boy Nugraha Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.82

Kata Kunci:

Animasi Pendek, Denpasar, Kampanye, Stop Buang Anjing.

Abstrak

Banyaknya anjing liar di Bali khususnya di Denpasar tidak  terlepas dari peran masyarakat itu sendiri, dengan tindakan membuang  anjing peliharaannya. Permasalahan yang akan terjadi apabila perilaku  membuang anjing ini terus berlanjut akan, munculnya kekerasan  terhadap anjing serta berbagai virus, maka dari itu perlu dilakukan  sebuah upaya salah satunya dengan perancangan animasi pendek  sebagai sarana kampanye Stop Buang Anjing di Denpasar, tujuannya  memberikan edukasi dan informasi untuk merubah pola pikir masyarakat sekaligus menanamkan komitmen di dalam memelihara anjing. dalam  proses perancangan animasi teori yang digunakan dalam merancang  animasi pendek yaitu teori dua belas prinsip animasi dan teori prinsip  desain digunakan dalam perancangan media pendukung. Metode  penelitian yang digunakan adalah metode observasi, metode  wawancara, metode kepustakaan dan metode kajian internet. “Atraktif” sebagai konsep dalam perancangan kampanye Stop Buang Anjing di  Denpasar melalui media animasi pendek, x-banner, poster, t-shirttotebag, booth 3D design, standing karakter, konten challenge Instagram  instastory, stiker, konten youtube dengan demikian diharapkan mampu  menekan kasus penelantaran anjing sehingga kasus membuang anjing  peliharaan tidak terjadi lagi di lingkungan masyarakat kota Denpasar.  

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-05

Cara Mengutip

Boy Nugraha , I. M., & Ananta Kusuma Putra, G. L. (2022). PERANCANGAN ANIMASI PENDEK SEBAGAI SARAN KAMPANYE STOP BUANG ANJING DI DENPASAR. Kartala Visual Studies, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.82

Terbitan

Bagian

Articles