PERANCANGAN ANIMASI PENDEK SEBAGAI SARAN KAMPANYE STOP BUANG ANJING DI DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.82Kata Kunci:
Animasi Pendek, Denpasar, Kampanye, Stop Buang Anjing.Abstrak
Banyaknya anjing liar di Bali khususnya di Denpasar tidak terlepas dari peran masyarakat itu sendiri, dengan tindakan membuang anjing peliharaannya. Permasalahan yang akan terjadi apabila perilaku membuang anjing ini terus berlanjut akan, munculnya kekerasan terhadap anjing serta berbagai virus, maka dari itu perlu dilakukan sebuah upaya salah satunya dengan perancangan animasi pendek sebagai sarana kampanye Stop Buang Anjing di Denpasar, tujuannya memberikan edukasi dan informasi untuk merubah pola pikir masyarakat sekaligus menanamkan komitmen di dalam memelihara anjing. dalam proses perancangan animasi teori yang digunakan dalam merancang animasi pendek yaitu teori dua belas prinsip animasi dan teori prinsip desain digunakan dalam perancangan media pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan dan metode kajian internet. “Atraktif” sebagai konsep dalam perancangan kampanye Stop Buang Anjing di Denpasar melalui media animasi pendek, x-banner, poster, t-shirt, totebag, booth 3D design, standing karakter, konten challenge Instagram instastory, stiker, konten youtube dengan demikian diharapkan mampu menekan kasus penelantaran anjing sehingga kasus membuang anjing peliharaan tidak terjadi lagi di lingkungan masyarakat kota Denpasar.