REPRESENTASI ISU BUDAYA URBAN DALAM VIDEO GAME TROUBLEMAKER

Penulis

  • Rizki Dwi Hapsoro Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v4i1.235

Kata Kunci:

Video Game, Isu Budaya Urban, Semiotika

Abstrak

Video game adalah permainan digital yang memungkinkan interaksi antara pemain dan komputer. Keunggulan video game adalah sebagai media ekspresif yang menghasilkan pengalaman prosedural, menciptakan "ruang kemungkinan" yang memunculkan imajinasi, termasuk dalam konteks budaya urban. Budaya urban selalu berkaitan dengan gaya hidup dan kesenjangan sosial, khususnya pada kekerasan sosial yang ada di sekolah menengah atas. Video game Troublemaker dikembangkan oleh Gamecom Team, mengangkat isu budaya urban yang terfokus pada kekerasan sosial sebagai konten utama dalam game. Penelitian ini menganalisis narasi yang merepresentasikan isu budaya urban dalam video game Troublemaker, serta bagaimana game ini menciptakan ketegangan pada pemain. Tujuannya adalah mengidentifikasi representasi dalam narasi isu budaya urban dalam video game Troublemaker, serta memahami ketegangan yang dihasilkannya. Penelitian ini menggunakan metode interdisiplin, yaitu semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video game Troublemaker tidak hanya merepresentasikan isu budaya urban sebagai konten namun memberikan simulasi sebagai seduksi ketegangan.

Kata Kunci: Video Game, Isu Budaya Urban, Semiotika

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Dwi Hapsoro, R. (2025). REPRESENTASI ISU BUDAYA URBAN DALAM VIDEO GAME TROUBLEMAKER. Kartala Visual Studies, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.36080/kvs.v4i1.235

Terbitan

Bagian

Articles