TINJAUAN PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK REMAJA MENGENAI SPEKTRUM AUTISME
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v4i1.230Kata Kunci:
spektrum autisme, persepsi, stigma, anak remaja, buku ilustrasiAbstrak
Autisme Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan khususnya pada masa anak-anak yang membuat seseorang tidak mampu melakukan interaksi sosial, pola perilaku yang kurang sesuai dan kualitas komunikasi yang terlihat kurang. Anak ASD sering kurang dipahami di lingkungan sosial, sehingga anak-anak ASD kerap menghadapi stigma,dan perlakuan yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat khususnya anak remaja, sekaligus memberikan pemahaman yang lebih mendalam serta meningkatkan kesadaran dan empati mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran/mixed-methode melalui teknik pengambilan data berupa kuesioner dan wawancara untuk mendapatkan pandangan dan pengalaman langsung dari responden, dan juga analisis studi kasus buku ilustrasi Kado Alma untuk Dila. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi persepsi umum, stigma yang masih ada, serta potensi cara edukasi yang efektif. Hasil penelitian adalah anak remaja mengetahui mengenai ASD tetapi pemahaman secara mendalam masih kurang, menyebabkan anak dengan ASD cenderung terkucilkan dalam lingkungan sekitar, tetapi anak remaja memiliki keinginan untuk memahami anak ASD. Buku ilustrasi dengan kombinasi elemen edukatif dan elemen hiburan dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan informasi mengenai autisme kepada anak remaja. Tindak lanjut dari hasil yang diperoleh akan dituangkan dalam perancangan konsep buku ilustrasi yang diharapkan dapat menjadi media edukatif yang menarik bagi anak remaja dan untuk meningkatkan empati serta mendorong inklusi sosial terhadap individu dengan autisme dalam kehidupan sehari-hari.