PERANCANGAN AUGMENTED REALITY FLASHCARD SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BAGI SISWA KELAS 2 SDN PARUNG SERAB
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v4i1.156Kata Kunci:
Augmented Reality, Pembelajaran Huruf, Anak-anak, Design ThinkingAbstrak
Rancangan media Augmented Reality Flashcard sebagai media pendukung pembelajaran huruf, ini menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan permainan kartu flash tradisional untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Fokus utama dari prancangan ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman huruf abjad pada anak-anak melalui penggunaan karakter desain yang menarik. Dengan metode Design Thinking, penciptaan ini dimulai dari pemahaman kebutuhan pengguna, yaitu anak-anak dan pendidik, hingga menghasilkan produk akhir yang relevan dan efektif. Implementasi media Augmented Reality Flashcard ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap metode pembelajaran di sekolah dasar dan membantu para guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih inovatif.