HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR: MENGGALI MAKNA PADA IKLAN MOMS DEMAND ACTION FOR GUN SENSE IN AMERICA

Penulis

  • Benny Muhdaliha Institut Seni Denpasar
  • I Made Gede Arimbawa Institut Seni Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v3i2.152

Kata Kunci:

Iklan, Hermeneutikal, Paul Ricoeur

Abstrak

Penelitian mengkaji tiga iklan cetak yang dikeluarkan oleh organisasi non pemerintah asal Amerika Serikat "Mom Demand Action for Gun Sense in America" Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif melalui pendekatan hermeneutika Paul Ricoeur. Penelitian ini mengungkap kompleksitas dari pesan-pesan yang terkandung didalam iklan tersebut, terutama terkait konteks historis yang melatarbelakangi pembuatannya. Melalui pemahaman struktur visual dan konteks budaya, penelitian ini memperlihatkan bagaimana simbol-simbol visual, seperti senjata api, buku, bola dan mainan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan anti-kekerasan yang kuat, pesan yang bertujuan untuk menggalang dukungan masyarakat agar mendororong perubahan kebijakan senjata api di Amerika Serikat. Dengan menggali lebih dalam tentang audiens yang dituju, peneliti mendapakan wawasan yang lebih dalam tentang dampak sosial dan politik dari iklan ini. Melalui pendekatan hermeneutika Ricoeur, penelitian ini tidak hanya mengurai pesan-pesan yang tersirat dalam iklan tersebut, tetapi juga menggali makna yang lebih dalam dan kontekstual, menjadikannya sebuah studi yang relevan dalam bidang komunikasi pemasaran dan gerakan sosial masyarakat. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Muhdaliha, B., & Gede Arimbawa, I. M. (2024). HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR: MENGGALI MAKNA PADA IKLAN MOMS DEMAND ACTION FOR GUN SENSE IN AMERICA. Kartala Visual Studies, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.36080/kvs.v3i2.152

Terbitan

Bagian

Articles