ANALISIS WARNA DALAM MEDIA INSTAGRAM PADA CITRA MEREK KASOEM VISION CARE DAN VIUUM

Penulis

  • Lintang Abimantrana Universitas Trisakti

Kata Kunci:

Brand, Identitas Visual, Warna, Citra Merek

Abstrak

Abstrak

Analisis Warna Terhadap Citra Merek dari brand merupakan strategi dari kegiatan branding. Pengaruh visual memiliki dampak yang luar biasa terhadap persepsi konsumen. Melalui elemen visual yang disajikan dapat mengkomunikasikan brand kepada konsumen. Visi dan Misi pada brand pun terlihat ketika menghadirkan identitas visualnya pada media. Salah satu elemen visual yang dapat berkomunikasi ialah warna. Elemen warna dapat berkontribusi dalam menyampaikan pesan dan citra suatu brand. Dalam hal ini, berupa brand optik yang menjadi pelopor di Indonesia ialah Kasoem Vision Care. Brand optik ini memiliki pesaing bernama VIUUM, yang terus menghadirkan pesan visual sebagai media berkomunikasi ke pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan berupa pendekatan studi kasus untuk melihat apa yang ingin disampaikan dari kedua brand optik tersebut. Dengan menganalisa color emotion guide dalam teori warna, penelitian ini menunjukan hasil kecenderungan pada penggunaan yang sama hingga dapat mengidentikasi kedua brand tersebut menggunakan warna primer sebagai identitas mereka untuk mendapatkan daya tarik dan membangun persepsi yang di ingin dari kedua brand optik tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Abimantrana, L. (2025). ANALISIS WARNA DALAM MEDIA INSTAGRAM PADA CITRA MEREK KASOEM VISION CARE DAN VIUUM. Kartala, 4(1), 12–18. Diambil dari https://jurnal.budiluhur.ac.id/kartala/article/view/236

Terbitan

Bagian

Articles