ESTETIKA VIRTUAL DALAM GAME 3D “DREADEYE VR”

(PENDEKATAN MDA FRAMEWORK)

Penulis

  • Fatma Misky Universitas Budi Luhur
  • Ricky Widyananda Putra Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.86

Kata Kunci:

Estetika Virtual, Game, Pengalaman, Dreadeye VR, Kerangka MDA

Abstrak

Indonesia sangat kaya dengan mitos yang terdapat pada masyarakat, kekayaan mitos yang terdapat di nusantara tergambar dengan banyaknya cerita masyarakat yang masih ditemukan hingga sekarang ini. Salah satu contohnya ialah mitos tentang hantu Indonesia serta beragam bentuknya yang menakutkan. Rasa takut muncul dari ketidaktahuan manusia terhadap sesuatu serta berkembang menjadi sebuah khayalan yang liar pada manusia, sampai akhirnya bisa diterima oleh logika manusia. Hal ini bisa dilihat dari banyak ragam media hiburan yang mengambil tema tentang horor, salah satu media yang dipergunakan saat ini ialah video games. Salah satu game dari Indonesia yang mengembangkan estetika virtual ini dengan menggunakan teknologi visualisasi 3D ialah studio game Digital Happines yang berasal dari Bandung, dengan judul game Dreadeye VR. Game ini merupakan sebuah game Virtual reality dimana dalam memainkannya membutuhkan perangkat VR. Dengan konsep Virtual reality, game ini memberikan interaktivitas yang lebih dalam bagi pengguna untuk menjelajahi ruang nyata di dunia maya. Virtual reality menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna untuk tetap menikmati objek yang berada di game, meskipun tidak melakukan kontak langsung. Hal ini dapat menimbulkan terbawa suasana untuk menghadirkan makna baru bagi setiap individu. Maka masalah dari penelitian ini adalah, bagaimana game Dreadeye VR menghadirkan estetika virtual bagi para pemainnya dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor terbentuknya estetika virtual pada game Dreadeye VR. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan pendekatan dan teori yang digunakan ialah MDA (Mechanic, Dynamic, Aesthetic), pendekatan MDA menggambarkan setiap tiap komponen yang saling terkait seperti mekanik, dinamika, dan estetika. Mekanik menjelaskan pemrograman dan aturan permainan, dinamis menjelaskan interaktif pada game dan pengalaman bermain, estetika menggambarkan sensasi yang dirasakan ketika berinteraksi dengan game.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-05

Cara Mengutip

Misky, F., & Widyananda Putra, R. (2022). ESTETIKA VIRTUAL DALAM GAME 3D “DREADEYE VR”: (PENDEKATAN MDA FRAMEWORK). Kartala Visual Studies, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.86

Terbitan

Bagian

Articles