PURWARUPA PAPAN PERMAINAN BERTEMA GLOBAL PANDEMIC SEBAGAI UPAYA EDUKASI BENCANA KESEHATAN MENGGUNAKAN SIMULASI AUGMENTED REALITY

Penulis

  • Nugrahardi Ramadhani, S.Sn., MT ITS Surabaya
  • Rabendra Yudistira Alamin, ST., M.Ds ITS Surabaya
  • Didit Prasetyo, ST., MT ITS Surabaya
  • Nauvan Noordyanto, S.Sn., M.Sn ITS Surabaya
  • Putri Dwitasari, ST., M.Ds ITS Surabaya
  • Ridho Rahman Hariadi, S.Kom., M.Sc ITS Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v1i1.81

Kata Kunci:

Purwarupa, Boardgame, Edukasi, Bencana kesehatan

Abstrak

Bencana terkini yang baru-baru ini melanda dunia adalah bencana kesehatan yang disebabkan oleh virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona. Hingga tulisan ini dibuat, wabah virus Corona telah menyebar ke 65 negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya, diantaranya adalah dengan berbagai sosialisasi. Berkaitan dengan hal ini, diperlukan media edukasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Media yang dimaksud tidak hanya menyampaikan pesan, namun memiliki kemampuan untuk membuat membangun awareness audiens hingga membentuk behavior. Contoh media populer yang saat ini berkembang pesat adalah media bermain, baik permainan fisik (board game) atau permainan digital (game digital). Penelitian ini lebih berfokus pada board game karena mempertimbangkan beberapa aspek konten mitigasi bencana kesehatan memerlukan aktifitas motorik yang tidak dapat diakomodasi oleh platform digital. Papan permainan dipercaya menjadi salah satu metode yang efektif saat ini, karena melibatkan unsur bermain dan belajar secara dua arah. Unsur teknologi berupa Augmented Reality menambah kesan imersive dalam melakukan simulasi untuk mempelajari menghadapi sebuah wabah yang terjadi di masyarakat. Tim peneliti dan Dinas Kesehatan sebagai mitra diharapkan menjadi jembatan untuk memberikan pengetahuan serta menghadapi wabah virus corona dengan efektif dan menyenangkan melalui purwarupa papan permainan bertema Global Pandemic dengan studi kasus wabah Virus Covid19 di masyarakat.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-05

Cara Mengutip

Ramadhani, S.Sn., MT, N., Yudistira Alamin, ST., M.Ds, R., Prasetyo, ST., MT, D., Noordyanto, S.Sn., M.Sn, N., Dwitasari, ST., M.Ds, P., & Hariadi, S.Kom., M.Sc, R. R. (2023). PURWARUPA PAPAN PERMAINAN BERTEMA GLOBAL PANDEMIC SEBAGAI UPAYA EDUKASI BENCANA KESEHATAN MENGGUNAKAN SIMULASI AUGMENTED REALITY . Kartala Visual Studies, 1(1). https://doi.org/10.36080/kvs.v1i1.81

Terbitan

Bagian

Articles