ANALISIS DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI @dkv.budiluhur

Penulis

  • Archita Desia Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v2i1.6

Kata Kunci:

Instagram, Tom Lincy, Lima Konsep Desain

Abstrak

Pemasaran Digital ialah sebuah aktivitas pemasaran didalamnya internet serta teknologi
informasi dipergunakan guna memperbesar serta menaikkan fungsi marketing konvensional. saat ini
Media sosial menjadi media promosi yang sangat banyak digunakan karena dinilai efektif untuk
menyebarkan informasi secara cepat dan luas. Satu dari banyaknya platform media sosial yang masyur
yakni instagram. Desain Komunikasi Visual (DKV) Budiluhur sebagai sebuah program studi baru di
lingkungan Universitas Budi Luhur berusaha untuk meningkatkan brand awareness nya dengan
memanfaatkan Instagram sebagai media promosi utama dengan nama akun @dkv.budiluhur, melalui
berbagai strategi dan pendekatan visual yang efektif. penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam
efektifitas dan pengaruh unsur unsur visual yang ditampilkan dalam konten instagram @dkv.budiluhur
Kartala Visual Studies | 2
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dibedah menggunakan teori desain Tom Lincy
berkenaan lima konsep desain yakni proporsi, keseimbangan, kontras, irama, serta kesatuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten feed instagram kategori event @dkv.budiluhur berperan
untuk menjawab visi misi beserta tujuan Program Studi di Fakultas Ilmu Komunikasi & Desain Kreatif.
Konten design event yang paling banyak like nya dari periode July 2022 - July 2021 adalah DKV
Homecoming upload tanggal 6 Juni yang mempunyai 17800 view . Analisa desain menghasilkan data .
Pertama proporsi kombinasi warna ada di area dynamic dan casual. Kedua proporsi text 18%
dibandingkan ilustrasi , ilustrasi yang dipakai berjenis psychedelic . Kontras text sudah lolos dari WCAG
2.0 yaitu di angka 4 dan 6.07 , kontras pada ilustrasi tidak ada yang lebih menonjol dibanding lainnya

Diterbitkan

2023-01-20

Cara Mengutip

Desia, A. (2023). ANALISIS DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI @dkv.budiluhur. Kartala Visual Studies, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.36080/kvs.v2i1.6

Terbitan

Bagian

Articles