PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BRAND KAOS IKUZO
Kata Kunci:
desain promosi, komunikasi pemasaran digital, animeAbstrak
Anime telah menyebar hampir ke seluruh dunia dan memiliki komunitas yang loyal mengonsumsi konten maupun produk bertema anime, termasuk halnya pakaian. Penerapan karakter anime dalam industri pakaian kian menjadi sorotan seiring makin banyaknya brand pakaian yang mengangkat karakter anime, termasuk Ikuzo. Ikuzo adalah brand pakaian lokal yang berdiri Juni 2021 di Bandung. Ikuzo fokus pada produksi kaos bertema anime yang membawa pesan dan makna di setiap artikelnya. Namun sebagai brand yang tergolong masih baru, Ikuzo belum banyak dikenal masyarakat luas. Kebanyakan konsumen Ikuzo justru datang dari luar Kota Bandung yang menjadi daerah basisnya, sehingga target pasar Ikuzo bisa dikatakan belum tercapai. Pengambilan data dilakukan lewat studi litaratur, wawacara serta menyebarkan kuesioner terfokus kepada 148 responden di Kota Bandung usia 16-25 tahun untuk mempelajari minat serta motivasi target audience dalam menggunakan produk bertema anime. Analisa data menggunakan teknik SWOT yang diturunkan menjadi studi komunikasi, studi gaya visual dan strategi media promosi untuk perancangan konten promosi digital tematik pada berbagai media promosi digital, desain label kemasan dan merchandise Ikuzo selama satu tahun bertema “Return to Ikuzo”. Dampaknya, Ikuzo mampu menjangkau target audience baru, meningkatkan kesadaran konsumen akan nilai dan keunggulan produk Ikuzo yang berkontribusi pada peningkatan omzet penjualan Ikuzo di Kota Bandung.