KAJIAN BENTUK GUNUNGAN WAYANG SEBAGAI REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA PADA VISUAL LOGO HALAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v3i1.132Kata Kunci:
visual bentuk, logo halal, gunungan wayang, budayaAbstrak
Perpindahan kewenangan sertifikasi halal di Indonesia diikuti dengan perubahan logo halal secara nasional. Logo halal baru menimbulkan pro-kontra, salah satu penyebabnya yaitu bentuk desain logo yang dinilai tidak mewakili keberagaman budaya yang ada di Indonesia, hanya mewakili budaya Jawa. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji keberadaan dan bentuk gunungan wayang di berbagai budaya daerah di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji kesesuaian visual bentuk gunungan wayang pada logo halal Indonesia sebagai representasi budaya Indonesia. Penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif berdasarkan teori Ikonografi Erwin Panofsky dilakukan Peneliti dengan didukung kajian pustaka dan pengamatan. Berdasarkan penelitian, gunungan wayang ditemukan di 4 dari 6 pulau besar di Indonesia, yaitu Pulau Jawa, Pulau Bali Nusa, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan. Setidaknya terdapat lima bentuk visual gunungan wayang di Indonesia, di mana gunungan wayang di berbagai daerah tersebut dipengaruhi oleh wayang dari budaya Jawa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bentuk visual gunungan wayang pada logo halal Indonesia dapat merepresentasikan budaya Indonesia. Namun secara khusus memiliki pengaruh kuat budaya Jawa, terlebih bentuk visual gunungan wayang yang digunakan pada logo halal Indonesia adalah gunungan wayang Jawa.