PERANCANGAN APLIKASI PEMAINAN “BISINDOKU”SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENGENALAN BAHASA ISYARAT

Penulis

  • Lana Duwi Saputra Universitas Budi Luhur
  • Ricky Widyananda Putra Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kvs.v3i1.127

Kata Kunci:

Game, Bahasa Isyarat Indonesia, Inklusif, Komunikasi

Abstrak

Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) adalah sebuah sistem Komunikasi non-verbal yang digunakan oleh komunitas tunarungu dan tunawicara di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan teknologi telah berkembang pesat, termasuk penggunaan teknologi dalam pendidikan berupa media alternatif game edukasi. Permasalahan yang di temui pada penciptaan ini, ialah berupa pola komunikasi yang kurang efektif bagi masyarakat terhadap teman-teman tunarungu dan tunawicara. Penciptaan ini bertujuan untuk mengajarkan pentingnya Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sebagai bentuk pola berkomunikasi dengan teman-teman tunarungu dan tunawicara. Studi ini menggunakan pendekatan teori UI & UX desain. Sedangkan metode penciptaan menggunakan observasi lapangan, studi literatur dan wawancara kepada para informan. Perancangan game ini, hasil yang didapatkan pada penciptaan ialah memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang potensi penggunaan BISINDO sebagai sarana komunikasi dalam perwujudan game edukasi. Penciptaan game BISINDO, diharapkan dapat menginspirasi pengembang game khususnya dalam konsepsi pendidik untuk mempertimbangkan dan mengimplementasikan Bahasa Isyarat Indonesia kedalam pengembangan game edukasi berkaitan dengan inklusif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Duwi Saputra, L., & Widyananda Putra, R. (2024). PERANCANGAN APLIKASI PEMAINAN “BISINDOKU”SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENGENALAN BAHASA ISYARAT. Kartala Visual Studies, 3(1), 12–26. https://doi.org/10.36080/kvs.v3i1.127

Terbitan

Bagian

Articles