ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PADA AKUN MEDIA SOSIAL @INDOMUSIKGRAM
DOI:
https://doi.org/10.36080/kvs.v3i1.126Kata Kunci:
Diversifikasi Produk, Instagram, Industri MusikAbstrak
Diversifikasi produk merupakan upaya menciptakan produk baru dengan tujuan mengembangkan usaha. Penelitian ini menjabarkan strategi diversifikasi produk berjenis horizontal yang dilakukan oleh akun Instagram @indomusikgram selaku komunitas musik Instagram terbesar di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara terbuka. Analisis data yang dilakukan meliputi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun @Indomusikgram melakukan diversifikasi konten berupa 1) Unggah ulang video musik, 2) #IMGNews, 3) Meme, 4) Acara, dan 5) Kompetisi/Challenge. Sejak @indomusikgram dibawahi oleh PT. BAKAT KREASI MUSIK DAN VISUAL (Indomusik Group), diversifikasi produk yang dilakukan mencakup layanan yang lebih luas seperti 1) Jaringan media, 2) Produksi media, 3) Kekayaan Intelektual, 4) Talent network, 5) Event network, dan 6) Commerce Network. Berdasarkan data-data tersebut, akun @indomusikgram di bawah PT. BAKAT KREASI MUSIK DAN VISUAL melakukan diversifikasi horizontal untuk mengakomodir layanan di industri musik dengan target pasar yang serupa yaitu masyarakat yang memiliki minat dan keterlibatan dalam industri musik di Indonesia.