Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru SMK Akuntansi Dalam Pelaporan Pajak Menggunakan Aplikasi e-SPT

Penulis

  • Desy Mariani
  • Suryani
  • Farida Ayu Avisena Nusantari

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v1i03.52

Abstrak

Peningkatan profesionalisme guru menjadi tanggung jawab guru, pengawas, dan kepala sekolah sebagai mitra kerja, sehingga guru mampu memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang dipersyaratkan. Kualitas guru merupakan salah satu faktor penentu kesiapan siswa dalam masuk ke dunia pekerjaan dan dunia usaha, termasuk salah satunya adalah urusan perpajakan. Mempersiapkan Laporan pajak SPT PPh 21, 22 dan 23 badan adalah kewajiban semua perusahaan di Indonesia, mengisi data sesuai dengan yang sebenarnya dan diposisikan di laporan yang sebenarnya suatu keharusan. Namun demikian, masih ada guru dibidang akuntansi yang menemukan kesulitan dalam melaporkan SPT. Pelatihan ini dilakukan menggunakan pendekatan andragogi, dimana pelatihan lebih menekankan pada praktek dari pada teori.  Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang meningkat terkait pemanfaatan software untuk pengisian e-SPT. Pemahaman dalam praktik ini ditunjukkan dari peningkatan kemampuan dalam pembuatan laporan e-SPT ditunjukkan dari ketepatan laporan yang telah dibuat oleh peserta.

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

[1]
D. Mariani, Suryani, dan F. A. Avisena Nusantari, “Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru SMK Akuntansi Dalam Pelaporan Pajak Menggunakan Aplikasi e-SPT”, Artinara, vol. 1, no. 3, hlm. 01–08, Jun 2022.

Terbitan

Bagian

Table of Content