Pelatihan Komunikasi Naratif Untuk Mendukung Digital Village Branding
DOI:
https://doi.org/10.36080/art.v1i01.38Kata Kunci:
Akselerasi, Desa Digital, Transformasi, Transaksi Non TunaiAbstrak
Kegiatan pengabdian berupa pelatihan komunikasi naratif ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan desa wisata Melung. Desa Wisata melung yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah salah satu desa yang berpotensi menjadi desa wisata yang maju. Strateginya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun identitas atau brandunik yang tidak dimiliki desa sekitarnya. Peserta pelatihan adalah anggota karang taruna yang memiliki minat terhadap pembuatan konten kreatif. Persoalannya adalah peserta belum mengetahui konsep branding. Fasilitator mengadakan sharing knowledge tentang branding, promosi, dan berita, serta perbedaan dari ketiganya. Branding memerlukan kekuatan narasi, maka fasilitator melanjutkan dengan pelatihan membuat narasi digital branding mengenai potensi unik Desa Wisata Melung. Hasilnya peserta mengalami peningkatan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam membuat narasi digital village branding.