PENINGKATAN KAPABILITAS USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DALAM KOMUNIKASI BISNIS UNTUK KEBERLANJUTAN USAHA
DOI:
https://doi.org/10.36080/artinara.v3i2.241Kata Kunci:
kapabilitas, keberlanjutan usaha, komunikasi bisnis, UMKM, capability, business sustainability, business communication, MSMEsAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, namun masih menghadapi berbagai kendala dalam pengelolaan bisnis, khususnya dalam aspek komunikasi bisnis. Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan daya saing, serta memperluas jaringan pemasaran sehingga bagi pelaku UMKM, kemampuan dalam komunikasi bisnis berperan penting karena dapat diterapkan di setiap tahap operasional bisnis, mulai dari produksi hingga pemasaran. Permasalahan yang sering dihadapi para pelaku UMKM adalah, kurangnya pengetahuan dalam komunikasi bisnis dengan pelanggan. Salah satu contohnya kurangnya respons terhadap pertanyaan dan keluhan, kesiapan yang rendah dalam menangani kritik, keterbatasan dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, serta kurangnya upaya dalam menjaga loyalitas konsumen. Kendala-kendala tersebut mencerminkan lemahnya interaksi langsung dengan pelanggan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi persepsi serta keberlanjutan bisnis. Sehingga Tim Dosen dari Universitas Mercu Buana mengusulkan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan keterampilan dan pemahaman terkait komunikasi bisnis bekerjasama dengan pelaku UMKM di Kelurahan Meruya Selatan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah meningkatkan kompetensi pelaku UMKM, baik dari segi pemahaman maupun keterampilan dalam komunikasi bisnis, guna mendukung pengembangan dan keberlanjutan usaha mereka di era digital. Hasil dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Kelurahan Meruya Selatan memahami cara berkomunikasi bisnis dan membantu dalam mengembangkan usaha mereka.
Referensi
[1]. Masni, M., & Saleh, H., “Implementasi E-Marketing Dan Etika Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Bagi Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19”. Gorontalo Accounting Journal, vol. 5, no. 1, pp. 11-17, 2022, https://doi.org/10.32662/gaj.v5i1.1777.
[2]. Kurniawati, M., Ferdinand Riwu, Y., Yuritha Amtiran, P., Sandra Fa, Y., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F., “Pelatihan Personal Branding Dan Digital Literacy Bagi Pelaku UMKM Di Kota Kupang”, SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 7, no. 2, 2023.
[3]. Janianda, M., Syah Albaris, M., Kesya Nafisa, S., Rosa Agustina, D., Izzania, T., & Syifa Nada, N., “Peran Usaha-Usaha Kecil Di Palembang Terhadap Perekonomian Nasional”, Journal of Economis and Business, vol. 2, no. 1, pp. 118–132, 2024.
[4]. Dewi, I. K., Satato, Y. R., Maryani, T., & Samtono, S., “Penguatan Upgrade Diri Berbasis Pengetahuan Digitalisasi dan Komunikasi Bisnis untuk MPPO-UMKM Kendal”.Jurnal PKM Manajemen Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 208–220, 2025, https://doi.org/10.37481.
[5]. Winata, RA., Ferdyansyah M, Fajarini N, Ramadhani P., “Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM Tahu Payah”.Warta Dharmawangsa, vol. 17, no. 3, 2023.
[6]. Christiana I, Bahagia R, Putri LP, Sitorus RS, “Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM”, SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), vol. 3, no. 1, 2022.
[7]. Saepuloh, O. A., Oyong Nurasiah, B., Pristianti, E., Erliana, M., & Simanjutak, V, “Pentingnya Komunikasi Bagi Pelaku UMKM Dalam Memasarkan Product”, JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 3, no. 8, 2024.
[8]. Ginting, STUA., “Pengaruh Pemasaran Industri Umkm di Era Digital Terhadap Tingkat Pembelian Konsumen”, Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, vol. 2, no. 4, pp. 124-129, 2020.
[9]. Yuliantini, T., Rami, Y., & Hamdan., Meningkatkan Keterampilan Manajerial Dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Kemampuan Komunikasi Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan, Semeru: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 81–88, 2024, https://doi.org/10.55499/semeru.v1i01.1116.
[10]. Adelia, A. R. S., & Widiasmara, A., Pendampingan branding identitas usaha upaya peningkatan daya saing UMKM catering “Dapoer Attila.”, Penamas: Journal of Community Service, vol. 3, no. 2, pp. 86–94, 2022, https://doi.org/10.53088/penamas.v3i2.690.
[11]. Kuncara, T., Ariyanto A., Tarigan, IF., & Handayani, SW., Peningkatan Daya Saing Umkm Melalui Strategi Branding Yang Efektif Dan Inovatif, JAMMU (Jurnal Abdi Masyarakat Multidisplin), vol. 3, no. 3, 2024, https://doi.org/10.56127/jam.
[12]. Puspitasari, A., & Febrianti, D. S., “Analisis Pengaruh Efektivitas Komunikasi, Customer knowledge Dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Bisnis Mahasiswa, vol. 4, no. 2, pp. 202–213, 2024. https://doi.org/10.60036/jbm.v4i2.art9.
[13]. Zahra, F., Sukoco, I., Auliana, L., & Barkah, C., “Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management”, Gandiwa Jurnal Komunikasi, Vol. 2, no. 1, pp.42-49, 2022.
[14]. Anah, S., Rahmat, A., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (n.d.). “Implementasi QRIS Untuk Meningkatkan Keberlanjutan UMKM di Kelurahan Meruya Utara”, Jurnal Abdimas Sosek, vol. 4, no.2, 2024.
[15]. Misnan M, Barizki RNN., “Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku UMKM”, Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol 20, no. 2, pp. 226-241, 2021.
[16]. Irawan, EP. & Alamsyah, FF., “Strategi DigitalisasiI CSR XL Axiata Untuk Peningkatana Kompetensi Pemasaran Digital Perempuan UMKM”, Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, Vol. 7, No. 2, 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Artinara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.