PELATIHAN DESAIN KONTEN MEDIA SOSIAL DENGAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA SMK TRIGUNA 1956
DOI:
https://doi.org/10.36080/artinara.v4i1.237Kata Kunci:
aplikasi canva, desain grafis, dunia kerja, sekolah menengah kejuruan, SMK Triguna 1956Abstrak
Maraknya penggunaan media sosial sebagai media informasi yang mudah dan menarik disenangi oleh kalangan remaja. Tingginya pengguna media sosial di Indonesia juga memberikan peluang pendapatan bagi beberapa pengguna media sosial yang memiliki banyak pengikut, serta beralihnya proses bisnis yang sebagian besar menggunakan media sosial sebagai media pemasaran atau branding. Peluang-peluang memanfaatkan media sosial sebagai sumber pendapatan memunculkan kebutuhan akan keterampilan bagi remaja untuk menguasai bagaimana membuat desain grafik yang menarik dan mudah. SMK Triguna 1956 sebagai mitra pengabdian kepada Masyarakat (PPM) bekerjasama dengan tim dosen Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur untuk memberikan pengenalan dan pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Canva, dengan tujuan membekali siswa/i SMK Triguna 1956 dalam meningkatkan ketrampilan membuat desain menarik sehingga membantu mereka dalam membuat konten di media sosial sehingga dapat menarik banyak pengikut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui pendampingan berbentuk praktek komputer dan evaluasi pemahaman. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah membekali peserta dengan keterampilan praktis dalam desain grafis menggunakan Canva, agar peserta dapat membuat berbagai desain untuk media sosial, pemasaran, dan kebutuhan dunia kerja. Hasil Pelatihan ini berhasil memberikan keterampilan desain grafis yang relevan dengan kebutuhan industri. didapatkan hasil nilai 92% memenuhi kecukupan dalam melakukan desain dengan aplikasi yang disediakan, termasuk didalamnya 40% peserta mendapat nilai diatas kecukupan. Terdapat 8% peserta masih membutuhkan latihan tambahan guna mecapai kecukupan nilai.
Referensi
[1] M. A. Lestari, A. M. B. M. Kamil, N. A. B. Rofiee, W. Akbar, A. Zidan, and F. Z. Putri, “Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan keterampilan desain grafis,” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 825–836, 2024, doi: 10.33474/jp2m.v5i4.22363.
[2] P. F. Pramestia, F. Anggoro, R. Muhamad, and P. Bintang, “Membangun Masa Depan Dengan Canva : Keterampilan Design Grafis Untuk Kesempatan Karir Lebih Baik,” APPA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat., vol. 2, no. 04, pp. 435–440, 2024.
[3] K. N. Anou, Z. V. Kareth, and E. S. Sinaga, “Pelatihan Desain Grafis Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skill Dan Kemandirian Dalam Era Digital 4 . 0,” Jurnal Pengabdian Papua .,vol. 7, no. 2, 2023.
[4] Iqlima Zahari, Widyatmoko, Wildan Mahmud, Dibyo Adi Wibowo, Alvina Dwi Andriani, and Sayyidah Farhani, “Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Keterampilan Digital bagi Anggota IPNU/IPPNU Desa Ngadiluwih Kediri,” Sejah. J. Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, vol. 2, no. 1, pp. 95–103, 2023, doi: 10.58192/sejahtera.v2i1.453.
[5] W. S. Satiti, F. Umardiyah, F. Hidayatulloh, N. F. Munfarida, M. Fatmawati, and A. Hanafi, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon,” Inform. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 2774–8529, 2022.
[6] P. Pujiyanto et al., “Pelatihan desain grafis aplikasi canva dalam peningkatan kreativitas remaja di kabupaten pati,” JPSITECH (Jurnal Pengabdian kepada Masyarkat Sistem Informasi dan Teknologi., vol.2, no.1, pp. 17–21, 2023.
[7] M. Sobari, D. Wahyudin, and L. Dewi, “Keterlibatan Industri Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Tingkat Smk,” J. Educ. Dev., vol. 11, no. 3, pp. 230–238, 2023, doi: 10.37081/ed.v11i3.4771.
[8] Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Proyeksi Kebutuhan Tenaga Kerja Menurut Sektor Dan Jabatan Tahun 2021 - 2024. Jakarta : Badan Perencanaan Dan Pengembangan Ketenagakerjaan Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, 2021.
[9] Nuramita., Dwi Rizki., (2024)."Membedah Rahasia Profesional untuk Mendesain Instagram Post dan Reels yang Menarik Canva 101”. https://clicky.id/drnuramita/canva101
[10] A. Munanjar, S. Susilowati, G. G. Giantika, and I. W. Utomo, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva pada Anggota PPSU Bambu Apus Jakarta Timur dalam Pembuatan Media Cetak Poster dan Spanduk,” J. Pengabdi. Masy. Inov. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2023, doi: 10.54082/jpmii.257.
[11] A. P. Syahrir, S. P. Zahirah, and U. Salamah, “Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman,” Pros. Semin. Nas., no. 1, pp. 732–742, 2023.
[12] D. Wijonarko, C. R. Mutasyakir, L. Aprilia, and N. Novianti, “Pelatihan Digital Editing : Meningkatkan Keterampilan Siswa Smk Plus Al-Mujahidi Dengan Canva,” Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS)., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2025.
[13] M. T. D. Rizki, M. I. Alamin, M. Z. Alghifari, and A. A. Kusumadinata, “Proses Komunikasi Visual : Studi Kasus Dalam Pembuatan Konten Design Grafis Di Sosial Media Klien Today ’ S Project Visual Communication Process : A Case Study In The Creation Of Graphic Design Content On Today ’ S Project Client ’ S Social Media,” Jurnal Intelek Insan Cendikia., Vol 1, no.9, pp. 5017–5024, 2024.
[14] D. I. Hariz, A. K. Muna, and R. D. Sayuto, “Pengenalan Aplikasi Design Grafis Canva di Kalangan Siswa / i SMK,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 226–230, 2023.
[15] L. Rahmawati, S. Suharni, N. Ambulani, W. D. Febrian, R. Widyatiningtyas, and R. S. Rita, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi,” Communnity Dev. J., vol. 5, no. 1, pp. 129–136, 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Artinara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.