LOKAKARYA LITERASI DIGITAL DAN E-COMMERCE PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI DESA MAJAU
DOI:
https://doi.org/10.36080/artinara.v4i1.226Kata Kunci:
digital, e-commerce, literasi, usaha mikro, kecil, menengah, micro, small, medium enterprisesAbstrak
Saat ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital, dituntut untuk mampu mengadopsi teknologi untuk pengembangan usaha sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik nasional dan internasional. Pentingnya literasi digital serta pemanfaatan platform digital seperti E-Commerce dapat meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional, namun belum banyak disadari terutama bagi para pelaku UMKM di daerah, dimana salah satunya adalah para pelaku UMKM yang ada di Desa Majau, kecamatan Saketi, kabupaten Pandeglang, Banten. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka tim pengabdian kepada masyarakat (PPM) yang merupakan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur mengusulkan untuk mengadakan lokakarya literasi digital dan E-Commerce pelaku usaha UMKM kepada mitra yaitu Desa Majau. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini untuk memberikan edukasi guna meningkatkan pemahaman secara komprehensif terkait literasi digital dan E-Commerce serta memberikan pendampingan yang berkelanjutna bagi desa Majau kota Pandeglang. Metode pelaksanaan kegiatan dengan menggabungkan metode pelatihan partisipatif dan kolaboratif yang mengutamakan penerapan prinsip partisipatori yaitu asas peran dan keterlibatan peserta untuk tercapainya tujuan pelatihan dengan total peserta sebanyak 15 pelaku UMKM bisnis melinjo. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM yang terlibat menunjukkan adanya peningkatan yang dinilai siginifikan terkait pemahaman digital dan optimalisasi pemasaran dengan memotivasi untuk transformasi digital.
Referensi
[1] S. Al Farisi, M. Iqbal Fasa, and Suharto, “Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” J. Din. Ekon. Syariah, vol. 9, no. 1, pp. 73–84, 2022, doi:10.53429/jdes.v9ino.1.307.
[2] C. Yolanda, “Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia,” J. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 170–186, 2024, doi: 10.36490/jmdb.v2i3.1147.
[3] I. M. A. K. Iswara and L. P. Mahyuni, “Strategi UMKM Mempertahankan Pelanggan di Era Digitalisasi,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 8, no. 1, pp. 143–155, 2024, doi: 10.29408/jpek.v8i1.24222.
[4] S. E. M. M. Nia Sonani, S. E. I. M. E. Deni Riani, and M. S. M. Amin Fatulloh, Ekonomi Digital dan Sektor UMKM : Meningkatkan Daya Saing. Takaza Innovatix Labs, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=R6Q4EQAAQBAJ
[5] M. E. Uly Mabruroh Halida, C. Wilantini, and R. Wahyuningrum, Peran Digitalisasi Dalam Memperluas Akses Pasar UMKM. IAIN Madura Press, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=erYlEQAAQBAJ
[6] et al., “Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 212–219, 2021, doi: 10.29408/ab.v2i2.4206.
[7] Safitri Juanita, Umaeydah, Dewi Samrotul Fu’adah, Nanda Pratiwi Ba’arsyah, Ilham, and Neno Yurmina Tanjung, “Pelatihan Pemanfaatan Internet Bagi Kader Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Cipulir,” Artinara, vol. 1, no. 01, pp. 45–50, 2021, doi: 10.36080/an.v1i01.9.
[8] A. T. Natania and R. Dwijayanti, “Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 12, no. 1, pp. 343–350, 2024.
[9] A. A. Ajhari, M. A. Manaon, and Dimas, “Security Awareness Framework untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menenengah di Indonesia,” Info Kripto, vol. 17, no. 3, pp. 85–91, 2023, doi: 10.56706/ik.v17i3.80.
[10] D. Suherdi, Peran Literasi Digital Di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gkAqEAAAQBAJ
[11] B. Bidasari, S. Sahrir, G. Goso, and R. S. Hamid, “Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM,” Owner, vol. 7, no. 2, pp. 1635–1645, 2023, doi: 10.33395/owner.v7i2.1404.
[12] A. D. Handayani, “Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital,” J. Signal, vol. 11, no. 1, p. 104, 2023, doi: 10.33603/signal.v11i1.8213.
[13] Q. Jumrotul Aqobah, S. R. Amalia, F. Purnata, M. E. Setio Aji, and H. G. P. Subiantoro, “Peningkatan Potensi Tepung Mocaf Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Pada Desa Majau,” To Maega J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, p. 315, 2022, doi: 10.35914/tomaega.v5i2.1083.
[14] M. Ekahidayatullah, “Penguatan Ekosistem Wirausaha Masyarakat Melalui Kolaborasi , Seminar Wirausaha dan Pembuatan NIB Di Desa Rada Kabupaten Bima,” vol. 3, no. 4, pp. 258–266, 2024.
[15] D. Mariani, Suryani, and Farida A Nusantari, “Peningkatan Kompetensi Komputerisasi Akuntansi Melaui Aplikasi Zahir Bagi Siswa Akuntansi SMK Triguna 1956 Jakarta Selatan,” Artinara, vol. 2, no. 2, pp. 64–72, 2023, doi: 10.36080/art.v2i2.66.
[16] Astrid Widya Ningsih, Harnida Wahyudi Adda, Niluh Putu Evvy Rossanty, and Faruq Lamusa, “Dampak Peran Pendamping Terhadap Pengembangan UMKM Di Kelurahan Kabonena Kota Palu Sulawesi Tengah,” MENAWAN J. Ris. dan Publ. Ilmu Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 251–262, 2024, doi: 10.61132/menawan.v2i2.391.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Artinara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.