PELATIHAN PROGRAM SIARAN RADIO SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DI LINGKUNGAN SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.36080/artinara.v4i1.117Kata Kunci:
bermain peran, program radio, pendidikan, santri, education, role play, radio programAbstrak
Radio menjadi media massa penting bagi masyarakat dalam mencari informasi, hiburan maupun edukasi. Tidak terkecuali Radio Uniss FM dengan tagline “Radionya Sobat Kendal” yang dikelola oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UNISS Kendal. Sejak COVID-19 muncul pada bulan maret tahun 2020, banyak sekali perubahan cara hidup yang terjadi di Masyarakat, cara berinteraksi, jual beli, menjaga kesehatan sampai pada cara belajar. Dari latar belakang tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dimotori oleh Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNISS dan Radio Uniss FM berupaya untuk mengambil peran strategis yang fokus pada penyuluhan kesehatan dan pendidikan di lingkungan santri. Tujuan dari kegiatan program ini adalah memberikan penyuluhan pentingnya program siaran radio sebagai media alternatif dalam upaya melawan pandemi COVID-19 di lingkungan santri dengan menggunakan metode Role Playing dan FGD. Hasil dari kegiatan ini adalah para santri mempunyai kesadaran akan pentingnya program siaran radio sebagai media yang memberikan akses belajar dan layanan informasi gaya hidup sehat selama pandemi. Selain itu, para santri memahami tentang manajemen produksi siaran radio dengan berperan (role play) menjadi penyiar radio profesional.
Referensi
E. Sudarmanto et al., Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=_UUQEAAAQBAJ
M. Sulthan and S. B. Istiyanto, “Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa,” Jurnal ASPIKOM, vol. 3, no. 6, p. 1076, Mar. 2019, doi: 10.24329/aspikom.v3i6.280.
T. P. R. N. Hapsari and A. Wulandari, “Program Kata Kita Sebagai Produk Lokalatih Penyiar Radio Magelang Serta Sarana Pembelajaran Bahasa Negara Di Ruang Publik,” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 64–70, 2021.
C. Morissan, B. Andy, and O. Heri, “Media penyiaran: strategi mengelola radio & televisi,” (No Title), 2008.
R. H. Setyawiaji, M. F. T. Palupi, and M. I. Romadhan, “Strategi Siaran Jeje Radio Surabaya Di Era 4.0 Untuk Menarik Minat Pendengar,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM), 2023, pp. 627–634.
M. Meisyanti and W. H. Kencana, “Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand,” Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, vol. 4, no. 2, pp. 191–207, Feb. 2020, doi: 10.33884/commed.v4i2.1547.
A. Aprilani, “Radio Internet dalam Perspektif Determinisme Teknologi,” Jurnal ASPIKOM, vol. 1, no. 2, p. 159, Jan. 2011, doi: 10.24329/aspikom.v1i2.15.
A. Salim and D. L. Radjagukguk, “Pelatihan Announcer dalam Memperkenalkan Unas Radio 107,9 FM di Desa Kampung Kongsi Cibereum,” Jurnal Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 508–517, Oct. 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.112.
F. Fanani and T. R. Djaya, “KONVERGENSI RADIO KARTINI FM JEPARA DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI MEDIA BARU,” An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, vol. 14, no. 2, pp. 75–84, 2022.
K. A. Febriana, F. Fanani, and A. Fitriyanti, “Pelatihan Kepenyiaran Radio bagi Siswa SMK N 1 Semarang,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 12, no. 1, pp. 95–99, Mar. 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i1.4433.
M. J. Ayu, R. A. Fachrezi, A. R. Sari, and D. R. Fajrani, “Be A Human for Humanity Dalam Mengedukasi Tentang Covid-19 Di Rumah Yatim Bina Umat,” Artinara, vol. 1, no. 01, 2022.
I. Suprapto and R. F. Daud, “Pelatihan Kepenyiaran dan Sosialisasi melalui Program Acara ‘Ngobrol Pintar (Ngopi)’ di Radio Basuma FM,” TA’AWUN, vol. 2, no. 01, pp. 104–114, Feb. 2022, doi: 10.37850/taawun.v2i01.249.
K. Komalasari, Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama, 2011.
H. Uno, Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
K. Huda, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing,” Didaktikum, vol. 16, no. 3, 2015.
S. B. Djamarah, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Artinara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.