PKM: Pelatihan Kader PKK dalam Pembinaan Ketrampilan Mengolah Sampah “Kreasi Sampah Kresek Menjadi Hiasan” di Kota Bekasi

Penulis

  • Afrina Sari
  • Prudensius Maring

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v1i02.51

Abstrak

Sampah menjadi masalah utama diseluruh Kota di Indonesia. Kota Bekasi termasuk penyandang masalah sampah urutan ke 6 diseluruh Kota di Indonesia. Wali Kota Bekasi telah mencanangkan gerakan pengolahan sampah untuk mencari solusi permasalahan sampah di Kota Bekasi. Rukun Warga (RW) 26 adalah tempat yang dipilih TIM pengabdian pada Masyarakat Universitas Budi Luhur. Tim akan mengadakan pengabdian dalam memberikan solusi pemecahan masalah sampah yaitu dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan pengolahan sampah kering dalam hal ini pengolahan sampah kantong kresek menjadi hiasan yang bermanfaat seperti bros, bunga dan hiasan dinding. Metode yang digunakan adalah metode observasi saat mencari lokasi yang akan dipilih untuk dijadikan tempat pengabdian. dan menggunakan metode wawancara dengan informan ketua RW 26, dan akhirnya diputuskan untuk memberikan pelatihan pengolahan sampah kering, karena pengolahan sampah basah sudah pernah didapat warga RW 26 dari dinas kota Bekasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat menjelaskan 4 hasil sebagai berikut: 1.  bahwa dari data kader PKK RW 26 berjumlah 83 orang.  yang menghadiri kegiatan pelatihan sebanyak 49 orang Kader PKK dan petugas RT dan RW juga menghadirinya sebanyak 12 orang. Jadi total peserta lebih kurang 61 orang peserta pelatihan.2.  Pelatihan yang diberikan ada 2 jenis pelatihan yaitu 1). Pelatihan membuat bunga dari kantong plastik. 2). Pelatihan  membuat gantungan kunci dari plastik bungkus kopi.3. Berdasarkan pengukuran pengetahuan masyarakat peserta pelatihan. yang diukur adalah pengetahuan dalam pemilahan sampah antara sampah organik dan an organik serta sampah berbahaya terdapat bahwa  40% kader PKK masih ragu menentukankan antara sampah organik dan sampah anorganik. tetapi sudah mampu menjelaskan sampah berbahaya. 4. Pelatihan yang berhasil dan mampu dilaksanakan adalah bunga dari plastik dan gantungan kunci serta bros sebagai hiasan.

Diterbitkan

22-02-2022

Cara Mengutip

[1]
A. Sari dan P. Maring, “PKM: Pelatihan Kader PKK dalam Pembinaan Ketrampilan Mengolah Sampah ‘Kreasi Sampah Kresek Menjadi Hiasan’ di Kota Bekasi”, Artinara, vol. 1, no. 2, hlm. 39–46, Feb 2022.

Terbitan

Bagian

Table of Content