Pelatihan Digital Content Creative Siswa/I SMP Negeri 02 Purwokerto

Penulis

  • Umi Lestari
  • Prita Suci Nurcandrani
  • Ayu May Lisa
  • Dinda Intan Nurullina

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v1i02.49

Abstrak

Fenomena penggunaan media sosial mempengaruhi gaya hidup masyarakat, khususnya generasi Z yang melek akan teknologi karena mereka lahir dan tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Sayangnya, tidak sedikit generasi Z Indonesia gemar mengadopsi tren di media sosial yang kurang bermanfaat sehingga karya yang disebarkan di ruang publik masih belum terkonsep dengan baik dan tidak memiliki nilai positif di dalamnya.  Oleh karena itu, tim melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan digital content creative yang bertujuan untuk membantu meningkatkan akselerasi paham teknologi digital bagi siswa SMP khususnya dalam bidang digital content creator serta melatih rasa percaya diri dan kreativitas siswa dalam membuat konten di media digital. Pelatihan ini diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto pada tanggal 7 dan 13 bulan Januari 2022 yang diikuti 32 peserta dari siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Puwokerto. Metode pelatihan yaitu perkenalan, pengenalan story telling, media sosial dan videografi, praktik mengoperasikan kamera, praktik video kreatif dan evaluasi. Semua kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Purwokerto. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya antusiasme para peserta pelatihan dan minat peserta untuk membuat konten yang kreatif meningkat.

Diterbitkan

22-02-2022

Cara Mengutip

[1]
U. Lestari, P. Suci Nurcandrani, A. May Lisa, dan D. Intan Nurullina, “Pelatihan Digital Content Creative Siswa/I SMP Negeri 02 Purwokerto ”, Artinara, vol. 1, no. 2, hlm. 25–31, Feb 2022.

Terbitan

Bagian

Table of Content