Strategi Pengembangan Pariwisata Indonesia Bagi Para Investor Pemula

Penulis

  • Nexen Alexandre Pinontoan

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v1i02.48

Abstrak

Pariwisata pada saat ini, mengalami dampak yang cukup signifikan dengan ada pandemi Covid-19. Di mana para pelaku bisnis pariwisata, mulai dari pengelola tempat wisata, travel agent, tempat penginapan sampai dengan para pelaku usaha UMKM yang berada di lokasi wisata mengalami kerugian yang cukup besar. Berbanding terbalik ketika saat sebelum pandemi terjadi, di mana sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan yang sangat startegis. Oleh karena itu, banyak para pelaku usaha di sektor pariwisata “gulung tikar” untuk menutup bisnis yang mereka lakukan. Oleh Karena hal itu, dibutuhkan kerjasama yang itensif dari berbagai sektor, mulai dari pemerintah pusat, Pemerintah daerah, Pemerintah kabupaten sampai dengan para investor yang terlibat dalam hal ini, agar wisatawan lokal dan mancanegara tertarik berkunjung kembali untuk melihat dan menikmati objek wisata yang ada di Indonesia. Investor pemula merupakan salah satu ujung tombak bagi pengembangan pariwisata, mereka merupakan yang akan menjadi mitra pemerintah terkait yang berperan penting pengelolaan destinasi wisata. Oleh karena itu investor pemula dapat mengatur, bahkan memiliki obek wisata tersendiri, sehingga melahirkan pariwisata berbasis masyarakat. Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan yang disampaikan melalui metode ceramah dan diskusi dengan para investor pemula maupun para penggiat pariwisata. Alasan peserta ini dipilih karena pada umumnya para investor pemula dan penggiat wisata ini diproyeksikan sebagai sekelompok orang yang dapat memajukan kepariwisataan serta dapat meningkatkan kesejahteraan para masyarakat di sekitar objek pariwisata. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mendapatkan pengembangan pengetahuan, penanaman konsep di bidang pariwisata. Pelatihan ini dilakukan untuk mendapatkan pengembangan pengetahuan, penanaman konsep di bidang pariwisata. Dengan pemaparan materi terdiri dari Potensi Bisnis Wisata, Tantangan External, Tantangan Internal. Hasil dari kegiatan ini ialah  pengembangan pengetahuan, penanaman konsep di bidang pariwisata terkait dengan potensi bisnis wisata, tantangan eksternal dan tantangan internal. Sehingga bisa dikembangkan secara maximal oleh para investor pemula ataupun penggiat wisata.

Diterbitkan

22-02-2022

Cara Mengutip

[1]
N. Alexandre Pinontoan, “Strategi Pengembangan Pariwisata Indonesia Bagi Para Investor Pemula”, Artinara, vol. 1, no. 2, hlm. 20–24, Feb 2022.

Terbitan

Bagian

Table of Content