Peningkatan Kapabilitas Penggunaan Aplikasi Komputer Microsoft Office Bagi Kader Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Di Kelurahan Cipulir

Penulis

  • Safitri Juanita
  • Ahmad Fadhillah
  • Aisah Tri Efa Pratiwi
  • Fathi Muflih
  • Fadhillah Nur’aini
  • Desy Isnaeni

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v1i01.40

Abstrak

Kader Pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Cipulir berlokasi di kecamatan Kebayoran Lama, DKI Jakarta, memiliki salah satu tugas yaitu pendataan profil warga dan pendataan berbagai formulir data program masyarakat yang berasal dari pemerintahan dan saat ini sebagian besar kader PKK belum memiliki kemampuan menggunakan aplikasi komputer Microsoft Office. Sehingga tujuan dari program pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini adalah meningkatkan kapabilitas keterampilan aplikasi komputer Microsoft Office bagi kader PKK di wilayah Cipulir dengan mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Tujuan kegiatan PPM ini adalah membantu kader PKK menjalankan salah satu tugas yaitu untuk mengelola administrasi kegiatan PKK dengan cepat, mudah dan rapi. Kegiatan PPM ini dilakukan selama 2 bulan dari bulan Juli-Agustus 2018 dan metode pelaksanaan kegiatan PPM dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan laporan. Pada tahap persiapan dilakukan proses survey dan perijinan dengan mitra PPM yaitu kelurahan Cipulir khususnya RW.02 RT.012. Pada tahap pelaksanaan dilakukan sosialisasi, pembuatan modul materi pelatihan dan melakukan pelatihan dengan 20% ceramah dan 80% praktikum kemudan tahap ketiga adalah evaluasi dan laporan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan PPM, kader PKK mendapatkan manfaat dari pelatihan aplikasi komputer sehingga mahir dalam membuat proposal kegiatan dan pendataan kader PKK menggunakan Microsoft Word dan dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membuat anggaran dana.

Diterbitkan

19-05-2023

Cara Mengutip

[1]
S. Juanita, A. Fadhillah, A. T. Efa Pratiwi, F. Muflih, F. Nur’aini, dan D. Isnaeni, “Peningkatan Kapabilitas Penggunaan Aplikasi Komputer Microsoft Office Bagi Kader Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Di Kelurahan Cipulir”, Artinara, vol. 1, no. 1, Mei 2023.