Strategy Destination Branding melalui Pemanfaatan Media Sosial Bagi Promosi Pariwisata Desa Panca Mukti

Penulis

  • Lisa Adhrianti Universitas Bengkulu
  • Fathiyyah Janah
  • Puspa Muslimah Amalia

DOI:

https://doi.org/10.36080/art.v2i2.101

Abstrak

Desa Panca Mukti adalah salah satu desa yang terletak di Kelurahan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Desa Panca Mukti terletak tidak jauh dari Kota Bengkulu dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari pusat kota. Desa Panca Mukti ialah salah satu desa pemetaan untuk masyarakat transmigrasi dan merupakan desa binaan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNIB. Berdasarakan hasil survey awal di desa Panca Mukti tahun 2022 lalu, potensi desa sangat layak untuk dikembangkan. Desa Panca Mukti menyimpan potensi peternakan (8%), perikanan (16%), pertanian (50%) dan agro wisata melalui objek wisata Cekdam (25%). Beberapa potensi Desa Panca Mukti lain juga terdapat batik tenun khas desa. Namun, dukungan anggaran dan komitmen pemerintah daerah serta kreativitas sumber daya dianggap masih menjadi kendala yang berarti untuk menjadikan Desa Panca Mukti sebagai desa tujuan (destination branding). Sentuhan pengembangan untuk aspek pariwisata dapat menjadi strategi bagi Desa Panca Mukti untuk menarik kunjungan masyarakat. Pemanfaatan media sosial sangat diperlukan untuk menunjang hal ini. Saat ini promosi dan branding pariwisata Desa Panca Mukti belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari minimnya informasi yang bisa didapatkan mengenai wisata desa tersebut. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk mengembangkan pariwisata Desa Panca Mukti melalui branding di media sosial. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu berupa pemahaman dan praktik berupa identifikasi potensi pariwisata Desa Panca Mukti, cara memposting feed di Instagram, membuat tagar, highlight dan deskripsi lokasi pariwisata yang menarik agar dapat menjadikan Desa Panca Mukti sebagai salah satu tujuan desa wisata bagi wisatawan lokal maupun manca negara.

Diterbitkan

03-08-2023

Cara Mengutip

[1]
Lisa Adhrianti, F. Janah, dan P. Muslimah Amalia, “Strategy Destination Branding melalui Pemanfaatan Media Sosial Bagi Promosi Pariwisata Desa Panca Mukti”, Artinara, vol. 2, no. 2, hlm. 73–84, Agu 2023.

Terbitan

Bagian

Table of Content